Objek Wisata

Photo Activity

Sudut Kota

I can recommend you to choose from the best canada hosting or check out my personal and user based inmotion reviews hosting.

Ajang Jual Beli Senjata

Category: Berita Bisnis
Published on 10 April 2012
Written by admin pasaraceh

Amerika adalah negara yang bebas. Meskipun bebas tetapi tetap ada batas-batasnya. Kebebasan di sini diikat oleh banyak aturan main serta norma yang apik. Seperti halnya di Indonesia, Amerika pun memiliki Undang-Undang Dasar (UUD) atau konstitusi.

Kebiasaan memiliki senjata api di Amerika bukanlah hal baru. Hal ini bahkan diatur dalam undang-undang. Ada istilah Second Amandment (Amandemen Kedua) di dalam UUD Amerika. Di dalamnya disebutkan, bahwa setiap warga negara Amerika diperbolehkan memiliki dan menggunakan senjata api guna mempertahankan atau membela dirinya.

Gun Show
Gun show adalah suatu bentuk pameran sekaligus ajang untuk transaksi jual beli senjata api. Acara ini biasanya diadakan di daerah dekat pemukiman. Siapa saja boleh datang ke acara Gun Show, termasuk remaja di bawah umur 18 tahun. Asalkan, mereka didampingi oleh orangtuanya.

Di tempat ini, penjual senjata api memeragakan cara kerja senjata api tersebut, menjelaskan kelebihannya, dan hal lain terkait senjata api. Seperti umumunya pendagang lain, penjual senjata api harus pintar menjual “obat” kepada calon pembelinya. Bagi pengunjung yang tertarik dengan senjata api yang diperagakan oleh penjual, berikutnya mereka akan melakukan transaksi jual beli. Jika ingin mencari senjata jenis lain, tinggal pindah ke booth/stand lain.

Masih ingat dengan Sarah Palin? Ia bekas Gubernur Alaskan yang pernah mencalonkan diri menjadi calon wakil presiden mendampingi John McCain pada Pemilihan Calon Presiden 2008. Sewaktu melakukan kampanye, Sarah Palin sempat melontarkan sebuah pernyataan berbau kekerasan: “Don’t Retreat, Reload!”. Jika diterjemahkan dalam bahasa lugu artinya jangan mundur, isi kembali peluru-peluru atau amunisi senjata apimu. Tujuannya tentu saja untuk mengambil hati para calon pemilih. Tetapi, anjuran ini bisa menjadi panutan yang misleading bagi orang-orang yang kurang paham maknanya.

Pada 29 Januari, Sarah Palin datang ke kota Reno, Nevada untuk memberikan sambutan pada Pertemuan Safari Club International. Klub ini bergerak di bidang perburuan. Palin datang untuk memberikan sambutan dalam konvensi tersebut tentang perlindungan bagi kebebasan berburu binatang. Kedatangan Palin diperkirakan akan memicu kesadaran masyarakay akan pentingnya memiliki senjata api bagi warga Amerika.

Cara Mendapatkan Senjata Api
Setiap negara bagian di Amerika mempunyai aturan sendiri-sendiri tentang tata cara memperoleh senjata api. Sebagai contoh, aturan kepemilikan senjata api di negara bagian California, sebagai berikut:

  • Sudah dewasa, tidak sakit jiwa, harus menjadi warga negara Amerika, tidak tersangkut dalam tindak kejahatan/kriminal. Untuk memiliki senjata api, seseorang harus berusia 21 tahun. Sedankan untuk membeli senapan atau shotguns cukup berusia 18 tahun.
  • Mengisi formulir permohonan Personal Firearms Eligibility Check (PFEC) yang dilampirkan dengan foto copy Surat Ijin Mengemudi atau California ID serta membayar cek sebesar USD 20 atau money order. Permohonan tadi harus dilegalisir oleh notaris. Bagi pemohon yang bukan warga negara Amerika, ada formulir permohonan khusus dan ada masa tunggu antara 30-120 hari (masa 10 hari untuk pengecekan background tidak termasuk).
  • Pergi ke dealer/penjual senjata api resmi, berlisensi, dan diakui oleh Federal (Federal Firearms Licensed-FFL). Pembeli akan diberi tes tertulis tentang safety. Jika lulus, pembeli akan diberi sertifikat dan diharuskan membayar $ 25.
  • Melakukan sight seeing singkat tentang senjata yang akan dibeli. Kebanyakan toko penjual senjata memperbolehkan calon pembali untuk memegang senjata yang akan dibeli.
  • Saat membayar di kasir, pembeli diharuskan memperlihatkan kartu identitas asli. Selain harga senjata, pembeli juga membayar $ 25 untuk pengisian formulir (ATF form 4473, DROS) dan cap jempol.
  • Menunggu 10 hari (240 jam) untuk mengambil senjata api dan menandatangani formulir 4473.

Nah, itulah cara memiliki senjata api khusus untuk negara bagian California. Sebagai catatan yang tak kalah penting, senjata api yang dimiliki bukan senjata (conceal carry) untuk ditenteng-tenteng ke mana-mana. Untuk bisa membawa senjata tersebut harus mendapatkan ijin dari Departemen Kehakiman. Jika ijin sudah dikeluarkan, seseorang boleh membawa conceal weapon tadi.

Adalah suatu kewajiban moral bagi yang ingin memiliki senjata api bahwa senjata api dismpan di dalam rumah. Tentunya, pemilik juga perlu memperhatikan faktor keamanan di dalam rumah, terlebih jika ada anak-anak yang masih dibawah umur. Cara menyimpan senjata sangat penting agar tidak mudah dijangkau oleh anak-anak.

Tidak dianjurkan untuk menyimpan pistol yang berisi peluru karena sangat berbahaya. Untuk lebih aman, tempat penyimpanan pistol dan amunisi sebaiknya berbeda. Biasanya, senjata api disimpan di dalam lemari khusus. Bukan disimpan di bawah kasur seperti dalam film-film Hollywood. Bahkan, di dalam lemari khusus pun masih harus diberi gembok khusus terutama pada bagian trigger atau pelatuknya.

Latihan Menembak
Memiliki senjata api bukan sekedar untuk sok koboi-koboian seperti di jaman wild-wild west. Pemilik senjata api dituntut untuk lebih mengenal seluk-beluk senjatanya. Jadi, alangkah baiknya jika dalam satu periode sang pemilik tetap melakukan latihan menembak di tempat yang sudah disediakan.

Shooting range atau firing range adalah suatu fasilitas yang didisain khusus untuk melakukan kegiatan menembak dengan sasaran. Ada yang di luar ruangan, ada pula yang di dalam ruangan. Kedua tempat tersebut terbuka untuk umum baik mereka yang membawa senjata milik sendiri atau senjata sewaan yang disediakan oleh klub tempat latihan menembak ini.

Selama melakukan latihan menembak di klub menembak, ada seorang RSO (Range Safety Officer) yang mengawasi proses latihan secara ketat. Ia selalu menakankan pentingnya faktor keamanan dalam menggunakan senjata. Latihan menembak membuat pemilik atau pemakai senjata lebih pede karena sudah memiliki dan mengetahui cara menembak yang baik. Tapi kepercayaan bukan suatu jaminan tidak ada orang lain yang berani kepada mereka.

Jangan lupa, ada warga negara Amerika lain yang berbuat hal serupa. Tetapi, mereka menyalahgunakan senajta api. Senjata api justru digunakan dalam kegiatan geng atau mempersenjatai diri karena sedang melakukan bisnis narkoba.

Gun Buyback Program

Angka kematian atau jumlah korban yang luka berat akibat penggunaan senjata api semakin meningkat. Untuk itu, kepolisian Amerika meluncurkan suatu program baru yaitu program untuk membeli kembali senjata api yang beredar di masyarakat umum. Dengan program ini diharapkan polisi bisa membeli kembali pistol-pistol yang tidak memiliki ijin sah. Senjata-senjata ini biasanya diperoleh dari hasil mencuri dari rumah tinggal seseorang.

Penulis masih ingat sekali perampokan di kediaman kakak ipar penulis. Saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong karena semua penghuni sedang bepergian. Sang penjarah berhasil masuk ke dalam rumah dengan mendobrak pintu samping serta membawa pergi sepucuk pistol dan sepucuk shotgun. Bahkan, ia meninggalkan pesan tertulis thank you! yang diberi emotikon happy face lalu menghilang entah kemana.


Foto: Sebagian hasil Gun Buyback Program

Dalam program ini, pelaku yang menyerahkan pistol baik dengan atau tanpa peluru akan diberi gift card senilai $ 200. Sedangkan bagi rifles atau shotguns tidak diberikan reward apa-apa.

Tentu saja, dalam program ini tidak ada pertanyaan atau pengisian formulir tentang asal-usul riwayat kepemilikan senjata api. Pada prinsipnya, proses penyerahannya dibuat seringkas mungkin. Anda menyerahkan pistol, kami (polisi) memberikan $ 200! Habis perkara.

Polling

Iklan yang paling anda cari saat ini........

Mobil - 27.3%
Motor - 18.2%
Property - 12.1%
Elektronik - 15.2%
Lowongan Kerja - 27.3%

Total votes: 33
The voting for this poll has ended on: 31 Dec 2012 - 00:00
  • suport.jpg
Joomla 1.7 Templates designed by Business Hosting Reviews